Jaga Kesehatan Ginjalmu dengan 8 Cara Ini

30 October 2020 | Kesehatan

Jaga Kesehatan Ginjalmu dengan 8 Cara Ini

Jaga Kesehatan Ginjalmu dengan 8 Cara Ini-Ginjal yang juga termasuk organ vital tentunya memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Organ satu ini memiliki peran penting dalam hal pembuangan racun, kadar gula berlebihan, dan urea (limbah mengandung nitrogen hasil dari metabolisme protein). Saat urea ini terbentuk maka darah akan mengalirkannya ke ginjal untuk kemudian dikeluarkan atau dibuang. Jadi, jika ginjal kita tidak berfungsi dengan baik, akan terjadi penumpukan limbah dan racun didalam tubuh kita.

 

Ilustrasi Bahagia
Sumber: Unsplash.com

 

Bisanya penyakit yang akan muncul jika ginjal kita tidak berfungsi dengan baik adalah seperti anemia, gangguan elektrolit hingga malnutrisi. Parahnya, penderita gagal ginjal harus menjalankan pengobatan seperti cuci darah atau hemodialisis dan tentunya akan ada beberapa obat yang harus dikonsumsi. Eits, jangan panik dulu, karena kalian masih bisa kok untuk mencegah penyakit ini jika dirasa kalian saat ini masih punya ginjal yang sehat. Pada artikel ini kita akan bagas 8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal.

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Sebelum yang namanya penyesalan terjadi saat kalian sakit, lebih baik cegah dari awal agar tidak terjadi yang namanya gagal ginjal pada diri kalian, berikut caranya:

 

Diet Sehat dan Seimbang

 

Ilustasi Sedang Makan
Sumber: Pexels.com

Menerapkan diet sehat dan seimbang ini sangat bagus untuk memulai menjaga kesehatan ginjal kalian. Karena kita ketahui jika kalian gak jaga pola makan, asal makanan masuk tanpa memikirkan apakah gizi yang masuk udah cukup atau bahkan berlebihan. Karena gizi berlebihan akan mengakibatkan obesitas. Seperti yang kita ketahui kan obesitas ini bisa memicu tekanan darah tinggi (hipertensi) dan ini termasuk pemicu penyakit gagal ginjal. Jadi, cobalah untuk jaga pola makanan kalian dan selalu perhatikan apa aja yang kalian makan.

Batasi Konsumsi Gula

 

Foto Gula
Sumber: Pexels.com 

Gula emang enak banget buat mereka yang suka banget sama makanan dan minuman manis. Tapi kalau udah berlebihan pasti gak baik juga buat tubuh kita. Jadi, menurut American Herart Association (AHA) merekomendasikan untuk anak yang berusia dibawah 2 tahun untuk tidak mengkonsumsi gula dulu yang biasa ditambahkan di makanan atau minuman mereka. Kemudian untuk anak yang berusia 2-18 tahun, diasarankan untuk mengkonsumsi gula tidak lebih dari 6 sendok teh (25 gram) dalam sehari. Sedangkan untuk orang dewasa memiliki batas konsumsi gula sekitar 50gram atau setara dengan 5-9 sendok teh dalam seharinya. Jadi kalau kalian mengkonsumsi lebih dari yang dianjurkan tadi dan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang, waspada deh kalian bisa jadi ada resiko kerusakan ginjal.

Batasi Konsumsi Garam

 

Foto Garam
Sumber: Pexels.com

Nah kalau tadi untuk kalian yang doyan makanan dan minuman manis, sekarang buat kalian yang suka makanan asin. Penyakit yang dapat muncul jika kalian mengkosumsi garam berlebihan adalah hipertensi, dimana seperti bahasan awal hipertensi ini yang juga menjadi faktor penyebab gagal ginjal. Agar kalian terhindar dari hipertensi, direkomendasikan untuk mengkonsumsi garam tak lebih dari 5 gram atau setara 1 sendok teh untuk orang dewasa, dan untuk anak 6-12 tahun harus sangat lebih sedikit dari batas konsumsi orang dewasa.

Perbahnyak Minum Air Putih

 

Ilustrasi Minum Air mineral
Sumber: Pexels.com

Konsumsilah air putih dengan takaran 8 gelas atau setara 2 liter dalam sehari untuk usia diatas 8 tahun. Hal ini akan membantu darah untuk mengalir lebih leluasa ke ginjal dan ke keseluruh tubuh.

Rutin Berolahraga

 

Ilsutrasi Olahraga
Sumber: Pexels.com

Olahraga emang banyak banget manfaatnya buat tubuh kita, dari meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan tekanan darah, menghindarkan dari diabetes dan menurunkan berat badan yang juga ini pastinya membantu menjaga kesehatan ginjal. Usakan kalian bisaberolahraga 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi 30-60 menit perharinya.

Usahakan Tidak Konsumsi Obat dan Suplemen Sembarangan

 

Foto Obat-obatan
Sumber: Pexels.xom

Kadang kita ngerasa gak enak badan dikit dan males ke dokter suka ambil keputusan sendiri untuk konsumsi obat yang menurut kita bisa sembuhin gak enak badan itu. Nah ini sebaiknya dikurangi ya kebiasaannya, karena konsumsi obat-obatan ngasal tanpa resep dokter bisa berakibat ke ginjal kalian loh.

Rutin Cek Kesehatan ke Dokter

 

Ilustrasi Konsultasi Dokter
Sumber: Pexels.com

Gak ada salahnya kalian untuk cek kesehatan ke dokter walau gak lagi sakit. Karena bisa aja kalian belum merasakan gejalanya, tapi ternyata udah ada sedikit kemungkinan kesehatan kalian ada yang gak beres. Karena kalau kita antisipasi sejak dini, kalian bisa lebih cepat untuk melakukan pengobatan.

Hindari Rokok

 

Ilustrasi Merokok
Sumber: Pexel.com

Rokok emang gak baik buat kesehatan kita, namun walau di kemasan udah dijelasin banget bahayanya, masih aja banyak yang mengabaikannya. Jadi untuk kalian yang perokok, coba untuk kurangi atau kalau bisa kalian usahakan untuk berhenti. Karena rokok diduga bisa memperburuk fungsi dari ginjal kita.

 

Nah itulah 8 cara untuk menjaga kesehatan ginjal kalian. Gimana? mau sehat kan? yuk coba jalanin kedelapan cara diatas.

Semoga sehat selalu!