Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik dan Benar, Wajib Tau!

3 December 2020 | Uncategorized

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik dan Benar, Wajib Tau!

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik dan Benar, Wajib Tau! – Bekerja, dalam bekerja tentunya ada saja halangan yang membuat anda berhalangan untuk masuk kerja. Entah itu karena kegiatan keluarga, sakit, kegiatan adat atau urusan yang lainnya. Biasanya, jika seorang peagwai atau karyawan yang tidak masuk kerja, tentunya akan memberikan surat izin kepada atasan di tempat kerjanya. Memberikan surat izin ini bertujuan untuk meminta izin karena berhalangan untuk hadir/bekerja. Surat izin ini akan diberikan kepada atasan beberapa hari sebelum izin kerja yang dilakukan oleh pegawai atau karyawan. Terkecuali jika berhalangan secara mendesak, maka surat bisa diberikan saat itu juga.

Jika anda seorang pegawai atau karyawan, tentunya anda sudah mengetahui tentang surat izin tidak bekerja ini. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa masih ada beberpa orang yang belum memahami tentang surat ini. Walaupun saat perkembangan teknologi seperti sekarang ini, para pekerja akan memberitahukan izin kepada atasan melewati smartphone mereka. Namun, alangkah baiknya anda membuat surat izin dan memberikannya langsung kepada atasan agar terlihat bahwa anda seorang yang profesional.

Pembuatan surat izin tidak bekerja sebenarnya tidak sulit ataupun rumit. Namun, masih ada beberapa orang yang belum memahami dengan jelas cara pembuatan surat lamaran kerja ini. Kurangnya refrensi cara pembuatan surat yang benar membuat mereka masih ragu dalam pembuatan surat ini. Ada beberapa hal yang harus anda pahami dalam pembuatan surat izin tidak bekerja ini, seperti berikut :

Pengertian Surat Izin

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik dan Benar, Wajib Tau!
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik dan Benar, Wajib Tau! | Image Source : Pexels.com

Surat izin merupakan surat yang dibuat oleh seseorang yang terkait dengan suatu komunitas, lembaga, instansi atau perusahaan. Yang dimana isi dalam surat tersebut adalah permohonan izin karena berhalangan hadir yang dikarenkan suatu hal tertentu. Surat izin tidak bekerja merupakan surat yang memberitahukan kepada atasan tempat bekerja mengenai keperluan mendesak yang membuat tidak bisa bekerja. Sudah jelas bahwa didalam isi surat berisi tentang permohonan izin tidak bekerja karena terhalang suatu hal yang mendesak.

Struktur Surat Izin Bekerja

1. Tanggal penulisan

Hal yang pertama harus anda cantumkan dalam surat izin kerja adalah tanggal penulisan surat tersebut. Tanggal ini ditujukan agar atasan dapat mengetahui dengan jelas kapan anda membuat surat tersebut. Serta atasan juga dapat mengetahui kapan anda mulai izin utuk tidak bekerja.

2. Penerima

Pada bagian atas surat terdapat informasi penerima yang ditulis setelah penulisan tanggal. Sebelum anda menyebut nama atasan pada surat, sebaiknya anda sisipkan kata “Kepada Yth,” atau “Kepada yang terhormat,”.

Contohnya :

Kepada Yth,

Bapak Romeo Rome, M.SE

Pimpinan HRD PT. Satu Dua Tiga

3. Data diri

Anda wajib untuk mencantumkan data diri anda dengan jelas dan juga mencantumkan posisi anda dalam perusahaan. Misalnya mencantumkan nama, jabatan, divisi, nomor kepegawaian, dan alamat anda dengan jelas.

4. Menulis alasan tidak masuk kerja

Setelah menulis data diri, anda harus mencantumkan alasan tidak masuk kerja dengan jelas. Jika anda meminta izin karena sakit, maka anda wajib melampirkan surat keterangan dokter sebagai dokumen pendukung.

5. Lama anda memohon izin

Saat membuat surat izin ini, anda wajib juga mencntumkan waktu anda untuk tidak masuk kerja. Informasi ini wajib dicantumkan agar atasan dapat mengetahui dengan jelas kapan anda akan masuk kerja kembali.

6. Penutup surat

Di bagian penutup surat biasanya anda harus mencantumkan ucapan “terima kasih” kepada pihak yang bersangkutan. Bagian ini sangat penting, karena bagian ini sebagai bentuk kesopanan anda dan menjaga keharmonisan hubungan ditempat kerja.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik dan Benar

Jakarta, 14 Februari 2020

Hal    : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

 

Yang terhormat,

Kepala Bagian Personalia

Antasura Caps Indonesia

Jl. Cinta Kasih Sayang, Jakarta

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap         :  Aryadi Santosa

Alamat                        :  Jl. Cinta Abadi, Jakarta

Jabatan                      : Staff Akuntansi PT. Antasura Caps Indonesia

 

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Selasa, 14 Februari 2020 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasanya dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Aryadi Santosa

Demikian surat Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik dan Benar dari kami. Semoga dapate bermanfaat dan semoga membantu anda yang berkeinginan untuk melakukan izin kerja. Lihat juga artikel tentang informasi yang menarik lainnya hanya di Gercep.id.

Terima kasih.