Contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV yang Baik dan Benar

20 October 2020 | Tips

Contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV yang Baik dan Benar

Contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV yang Baik dan Benar-Setiap orang punya alasan yang berbeda-beda mengenai kenapa mereka harus bekerja. Ada yang karena uang, ada juga yang karena untuk karir dan mencari pengalaman. Sehingga mereka memiliki target perusahaan yang mereka harapkan bisa bekerja disana. Tapi ada juga kok yang memang masih sering coba-coba untuk lamar sana-sini, biasanya yang kaya gini ini emang yang lagi pengen banget dapetin banyak pengalaman dan tipe yang suka eksplorasi. Jadi, saat kalian ingin lamar pekerjaan sana-sini usahakan persyaratan yang diminta oleh perusahaan tersebut sudah kalian penuhi ya. Biasanya perusahaan akan meminta kalian untuk memenuhi persyaratan seperti berkas-berkas yang nantinya mereka jadikan sebagai bahan pertimbangan. Salah satu berkas yang paling sering diminta untuk diajukan adalah Daftar Riwayat Hidup atau bisa disebut juga dengan CV (Curriculum Vitae). Berkas ini cukup penting karena dalam Daftar Riwayat Hidup itu terdapat seluruh data yang menyangkut tentang diri kalian, seperti data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian dan masih banyak lagi. Sehingga berkas ini seperti sampul diri kalian nih saat melamar kerja. Berkas ini juga bakal bantu HRD banget untuk bisa baca keseluruhan kapasitas yang ada di diri kalian.

 

Ilustrasi Wawancara Kerja
Sumber: Pexels.com

 

Sebenarnya dalam menulis Daftar Riwayat Hidup itu gak ribet, asal kalian tahu apa aja yang harus kalian cantumkan didalamnya. Dalam artikel ini kalian akan menemukan contoh Daftar Riwayat Hidup yang bisa kalian pakai untuk pedoman. Tapi sebelum kita masuk ke contoh, ada beberapa hal yang juga harus kalian perhatikan.

Data yang Harus Kalian Cantumkan dalam Daftar Riwayat Hidup

Dalam penulisan Daftar Riwayat Hidup, ada beberap hal penting yang harus kalian isi didalamnya. Karena data-data yang kalian akan cantumkan akan menjadi data untuk dipertimbankan oleh HRD. Berikut data-data yang harus kalian cantumkan:

  1. Data diri
  2. Deskripsi diri
  3. Riwayat pendidikan dan pelatihan
  4. Pengalaman organisasi (jika ada)
  5. Keahlian
  6. Prestasi (jika ada)
  7. Pengalaman kerja (jika ada)
  8. Referensi Perusahaan (jika ada)

 

Cara Penulisan Daftar Riwayat Hidup yang Baik

Setelah kalian mengetahui apa saja yang harus kalian cantumkan dalam Daftar Riwayat Hidup, kalian juga harus tahu bagaimana penulisan yang baik dan benar agar Daftar Riwayat Hidup kalian tidak berkesan asal dan isinya memang benar bisa di pertanggung jawabkan. Berikut beberapa tips dalam membuat Daftar Riwayat Hidup:

  1. Sesuaikan Ukuran Kertas
    Biasanya untuk ukuran kertas Daftar Riwayat Hidup menggunakan ukuran kertas A4 atau folio. Ini bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian atau disesuaikan dengan persyaratan dari perusahaan.
  2. Buat dengan Rapi dan Menarik
    Jika kalian memberikan data yang banyak dan cukup terperinci, ada baiknya kalian buat dengan rapi agar lebih enak untuk dibaca. Hal ini juga membantu kalian agar tidak ada data yang luput dari pandangan. Daftar Riwayat hidup juga usahakan dibuat semenarik mungkin, agar HRD tertarik untuk membaca dan lebih memberikan perhatian lebih ke milik kalian.
  3. Perhatikan Jenis Huruf yang Kalian Gunakan
    Jika kalian membuat Daftar Riwayat Hidup menggunakan komputer dan tentunya ada banyak jenis huruf yang tersedia. Gunakanlah jenis huruf yang mudah untuk dibaca dan tingkat keterbacaannya tinggi. Jangan menggunakan jenis huruf yang terlalu variatif, dan cukup menggunakan dua jenis saja.
  4. Gunakan Bahasa yang Baik dan Sopan
    Penggunaan bahasa yang sopan akan membantu kalian dalam memberikan citra bahwa kalian memiliki kepribadian yang sopan.
  5. Jangan Menggunakan Bahasa Kiasan yang Rumit
    Usahakan Daftar Riwayat Hidup kalian ditulisa dengan jelas dan gunakan kaliamat yang dapat menjelaskan dan mudah dimengerti
  6. Usahakan Tidak Lebih dari 2 Lembar
    Buatlah Daftar Riwayat Hidup kalian hanya dalam 1 atau 2 lembar saja. Jika kalian memiliki banyak data yang ingin kalian cantumkan, coba deh kalian cek dulu dan pilih mana yang memang penting dan pengen banget kalian tampilin. Pilih bagian-bagian yang sekiranya sejalan dengan perusahaan yang akan kalian lamar. Jadi, HRD gak duluan bosen baca data kalian yang banyak dan bisa langsung fokus dengan kriteria yang mereka perlukan didalam Daftar Riwayat Kalian.

 

Contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae)

Berikut adalah contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV yang bisa kalian buat menggunakan Ms.Word:

                                                                  CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

    • Nama                            : Nadin Aninda
    • Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 25 Mei 1986
    • Alamat                          : Jalan Merdu Indah No. 4
    • No Hp                           : 089772686474
    • Jenis Kelamin               : Perempuan
    • Agama                          : Islam
    • Kewarganegaraan         : Indonesia
    • Status                            : Belum Menikah
    • Email                            : Anin.nadin@gmail.com
    • Hobi                              : Bernyanyi, Baca Buku
    • Kesehatan                     : Baik
    • Pendidikan Terakhir     : S1 Seni Musik

PENDIDIKAN FORMAL

    • 1992-1998 SDN 3 Bandung
    • 1998-2001 SMP 8 Bandung
    • 2001-2004 SMA 76 Bandung
    • 2004-2010 Universitas Seni Bandung

PENDIDIKAN INFORMAL

    • Kursus Bernyanyi di Farabi
    • Kursus Vocal dan Musik di Studio Amazinger

PRESTASI

    • Juara 2 Lagu Pop Tingkat SMP Tahun 2000
    • Juara 1 Lomba Aransemen Musik Tidur  Tahun 2018

Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

(Nadin Aninda)

 

Download Contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV dengan klik tombol download dibawah ini:

 

Contoh Daftar Eiwayat Hidup atau CV yang Menarik dengan Menggunakan Template Desain

Agar lebih menarik, ada bagusnya kalau kalian buat Daftar Eiwayat Hidup atau CV kalian dengan menggunakan template desain yang tersedia atau sesuai kreasi kalian. Untuk kalian yang memiliki pengalaman atau keahlian desain pastinya udah gak susah dalam hal membuat desain Daftar Eiwayat Hidup atau CV yang menarik, namun untuk kalian yang tidak punya dasar desain gak usah berkecil hati ya karena diluar sana udah banyak banget yang mau nawarin jasa untuk pembuatan Daftar Eiwayat Hidup atau CV. Berikut contoh desain Daftar Eiwayat Hidup atau CV yang menarik:

Contoh CV Menarik
Sumber: bikinCV.com