Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita?

12 October 2020 | Kesehatan

Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita?

Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita?-Kesehatan emang jadi aset yang sangat berharga untuk kita. Menjaga kesehatan sebenarnya gak perlu keluar duit banyak kalau memang kita sadar diri sejak dini. Misal seperti sejak dini kita udah sadar kalau kedepannya makan makanan pedes melulu bakal bahaya buat kesehatan pencernaan, akhirnya kamu sadar diri lebih awal untuk kurangi makan makanan pedes. Nah buat mereka yang masih masa bodo dan gak peduliin hal kecil kaya gitu, ya cari sehatnya bakal mahal. Karena saat mereka sakit akibat makanan pedas, mereka mesti bolak balik ke rumah sakit buat urusin pencernaan mereka yang udah bermasalah. Bahkan resiko masa bodo kalian tentang hal sepele pun bakal berakibat fatal loh.

 

Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita?
Sumber: Unsplash.com

 

Sama halnya seperti berat badan, ini merupakan indikator yang paling mudah buat kalian untuk coba tanggulangi hal buruk untuk kesehatan kalian. Emang sih ada yang namanya Body Positivity, dimana kamu coba buat menerima diri kamu apa adanya. Tapi, menerima diri kamu apa adanya bukan berarti kamu bisa seenaknya aja gak mikirin kesehatan kamu, kamu makan ini itu, berolahraga berlebihan juga gak baik buat kesehatanmu. Jadi usahakan semua seimbang, sesuai dengan porsinya. Pria dan wanita tentunya punya karakteristik tubuh yang berbeda, ini tergantung pada hormon dan metabolisme yang dimiliki. Nah untuk tahu berat badan kamu udah ideal atau belum, ada beberapa cara buat ngitungnya. Ada dua cara untuk menghitungnya yaitu dengan cara rumus Broca dan IMT.

 

 Cara Menghitung Berat Badan

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Menghitung berat badan ideal dengan rumus Broca dibedakan sesuai jenis kelamin. Karena pria dan wanita memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Pria memiliki massa otot yang lebih banyak dibandingkan wanita dan sedangkan wanita lebih banyak dalam komposisi lemak dalam tubuh. Rumus Broca yang ditemukan oleh Pierre Paul Broca ini tidak lah sulit, berikut caranya:

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal pada Wanita

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Misal, tinggi badan kamu 170cm, berarti perhitungannya adalah:

Brat badan ideal (kg)  = [170 – 100] – [(170 – 100) x 15%]

= 70 – (70 x 15%)

= 70 – 10,5

Brat badan ideal = 59,5 kg

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal pada Pria

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Misal, tinggi badan kamu 180cm, berarti perhitungannya adalah:

Brat badan ideal (kg)   = [180 – 100] – [(180 – 100) x 10%]

= 80 – (80 x 10%)

= 80 – 8

Brat badan ideal           = 72 kg

 

Cara Menghitung Berat Badan Normal

Selain menghitung berat badan ideal, Pierre Paul Broca juga membuat rumus untuk menghitung berat badan normal. Rumus ini lebih disederhanakan dan tidak ada perbedaan untuk wanita maupun pria.

Rumus:
Berat Badan Normal = Tinggi Badan (cm) – 100

Misal:

Tinggi Badan : 157 cm

Berat Badan Normal    = 157 – 100

= 57 kg

 

Cara Menghitungt Berat Ideal dengan Cara Perhitungan IMT

Selain dengan menggunakan rumus Broca, ada rumus lain untuk menghitungnya yaitu dengan menggunakan rumus IMT (Indeks Masa Tubuh). Jadi nanti hasil perhitungan yang kamu dapat, bisa kamu cek dalam rincian normal menurut National Institutes of Health (NIH).

Misal, tinggi badan (Tb) kamu 170 cm dan berat badanmu (Bb) 60kg.

Berikut adalah rumusnya:

Ket:

Tb = Tinggi Badan (dalam m)
Bb = Berat Badan (dalam kg)

Rumus :

Berat Badan Ideal = [ Tb x Tb ] : Bb

Jadi, IMT      = (1,70 m x 1,70 m) : 60kg

   = 289 : 60

   = 20.8

Setelah kalian mendapatkan hasil, kalian bisa cek angka IMT (Indeks Massa Tubuh) dalam rincian normal menurut National Institutes of Health (NIH) berikut:

Rincian Kelompok IMT (Indeks Massa Tubuh)

  • IMT kurang dari 18,5 berarti seseorang memiliki berat badan kurang.
  • IMT antara 18,5 dan 24,9 ideal.
  • IMT antara 25 dan 29,9 kelebihan berat badan.
  • IMT di atas 30 menunjukkan obesitas.

Namun ada beberap hal yang harus kalian perhatikan mengenai perhitungan IMT ini. Ada beberapa kekurangan yang dimilikinya, yaitu IMT ini belum bisa dijadikan acuan untuk menentukan berat badan yang akurat. Perhitungan IMT masih dianggap tidak memperhitungkan jumlah dan distribusi lemak dalam tubuh. Walaupun sebenarnya menghitung massa tubuh akan sangat membantu dalam menganalisa resiko penyakit yang akan dialami oleh seseorang. IMT juga masih gagal dalam memperhitungkan perbedaan etnis, jenis kelamin, usia dan beberapa hal lainnya.

Mengukur Resiko Penyakit dengan Ukuran Lingkar Pinggang

Mengetahui besar kecilnya resiko penyakit bisa kalian gunakan cara lain seperti mengukur lingkar perut. Mengukut lingkar perut ini bisa dijadikan parameter dengan cara, semakin besar angka lingkar pinggang kalian berarti semakin besar resiko menderita penyakit yang diakibatkan oleh obesitas seperti sindrom metabolik, penyakit jantung dan pembuluh darah.

Ukuran ideal untuk pria adalah setidaknya dibawah 94cm dan untuk perempuan adalah kurang dari 80cm.

Itulah beberapa cara mengukur berat badan ideal yang bisa kalian pakai untuk menanggulangi diri dari penyakit-penyakit kronis. Sehat itu mahal loh, lebih mahal dari junk food yang biasa kamu makan kalau pas lagi gabut.

Jaga kesehatan ya!