9 Gejala Sakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

15 October 2020 | Kesehatan

9 Gejala Sakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

9 Gejala Sakit Jantung yang Perlu Diwaspadai-Organ didalam tubuh kita ada bermacam-macam jenisnya. Dari organ pe napasan, organ pencernaan dan lainnya. Organ-organ tersebut memiliki fungsinya masing-masing didalam tubuh kita. Salah satu organ penting dan vital yang kita miliki adalah organ jantung. Organ ini membantu kita dalam memompa darah keseluruh tubuh. Jadi bayangin nih, kalau jantung kalian gak bekerja, otomatis organ yang lain akan ikut terganggu. Ada beberapa penyakit jantung menurut Mayo Clinic, yaitu penyakit jantung koroner, aritmia hingga penyakit jantung bawaan.

Ada beberapa faktor pendukung adanya penyakit jantung itu sendiri, seperti:

  1. Usia lebih dari 60 Tahun
  2. Berat badan berlebihan
  3. Ada riwayat diabetes
  4. Punya penyakit kolesterol tinggi
  5. Memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi

Foto Peraga Organ Jantung
Sumber: Unsplash.com

Gejala Penyakit Jantung

Penyakit jantung tentunya memiliki beberapa gejala yang bisa kalian perhatikan. Namun gejala yang ditimbulkan juga dapat bervariasi sesuai dengan jenis penyakit jantungnya. Ada beberapa gejala yang timbul adalah gejala sakit jantung yang khas, ada pula yang tidak menunjukan gejala yang jelas. Ciri gejala yang paling khas biasanya adalah nyeri disekitar dada, namun perlu juga nih kalian ketahui ternyata selain nyeri di sekitar dada, ada juga gejala lainnya yang merupakan gejala dari sakit jantung.

  1. Rasa Tidak Nyaman di Bagian Dada

    Ini merupakan gejala penyakit jantung yang paling umum. Gejala ini biasanya disebabkan adanya sumbatan di bagian arteri jantung. Rasa yang ditimbulkan oleh gejala ini biasanya nyeri, sesak, ada tekanan di bagain dada hingga ada rasa terbakar. Gejalan biasanya akan tibul dalam beberapa menit setelah kalian beristirahat sehabis melakukan aktivitas fisik yang berat. Jika gejala ini kalian alami hanya sekali, kalian gak perlu panik, namun jika berlangsung secara berulang kali dan tidak membaik, ada baiknya kalian segera pergi ke dokter. Perlu kalian ketahui juga ternyata penyakit jantung yang dialami oleh wanita bisa terjadi tanpa ada rasa gak nyaman di bagian dada. Jadi, untuk para wanita usahakan lebih waspada ya.

  2. Mual, Mulas, atau Sakit Perut

    Gejala ini lebih sering dialami oleh wanita saat terserang penyakit jantung. Walaupun sebenarnya gejala seperti ini gak selalu terjadi saat sakit jantung saja, namun ada baiknya kalian harus lebih waspada dan lebih sadar dengan apa saja kegiatan fisik yang telah kalian jalani sebelum terjadinya gejala tersebut.

  3. Nyeri yang Menyebar Sampai ke Lengan

    Selain rasa nyeri di dada, rasa nyeri hingga ke lengan ini juga termasuk gejala yang umum terjadi saat kalian mengalami sakit jantung. Karena ada beberapa kasus pasien sakit jantung yang mengeluhkan rasa nyeri yang menjalar hingga ke lengan bagian kiri.

  4. Pusing atau Pingsan

    Pusing atau pingsan ini memang ada banyak penyebabnya, bisa jadi karena tubuh kalian sedang kurang asupan atau seperti karena terlalu lama berdiri. Namun, jika kalian pingsan atau merasa pusing disertai dengan rasa tidak nyaman di dada, ada baiknya segera sampaikan untuk bawa ke dokter. Karen hal ini bisa jadi diakibatkan oleh jantung kalian yang tidak dapat memompa darah sehingga tekanan darah kalian menjadi menurun.

  5. Sakit di Tenggorokan atau Rahang

    Mungkin bagi beberapa dari kalian menganggap rasanya tenggorokan atau rahang gak ada hubungannya dengan jantung. Namun jangan anggap sepele jika kalian merasakan nyeri di dada yang menjalar ke tenggorokan atau rahang, itu bisa jadi gejala dari penyakit jantung.

  6. Gampang Lelah

    Gejala yang satu ini mayoritas dialami oleh wanita. Biasanya gejala ini seperti timbulnya rasa lelah selama berhari hari padahal kalian selama beberapa hari tersebut tidak sedang melakukan aktivitas fisik yang berat. Rasa lelah ini terjadi biasanya tanpa sebab. Jadi, jika kalian mengalami rasa lelah terus menerus ini selama beberapa hari, cobalah konsultasi ke dokter. Karena bisa saja ini merupakan gejala penyakit jantung.

  7. Mendengkur

    Mendengkur yang wajar biasanya terjadi jika kalian tidur setelah melakukan aktivitas fisik yang sangat melelahkan. Mendengkur yang harus kalian waspadai adalah mendengkur dengan suara keras disertai dengan tersedak atau terengap-engap. Hal ini bisa jadi tanda Sleep Apnea. Dimana Sleep Apnea ini merupakan sebuah gangguan tidur yang bisa membuat anda berhenti bernapas selama beberapa saat sehingga hal ini akan menyebabkan adanya tekanan pada jantung.

  8. Berkeringat Dingin

    Gejala ini biasanya berbarengan dengan rasa nyeri pada dada atau gejala lainnya. Jadi jika kalian merasakan gejala-gejala penyakit jantung lainnya dan dibarengi dengan adanya keringat dingin, kalian harus lebih waspada.

  9. Detak Jantung Tidak Teratur

    Biasanya kan jantung kita memiliki tempo yang teratur saat berdetak. Peningkatan detak jantung juga bisa dari beberapa sebab lainnya seperti saat kalian gugup, bersemangat, kurang tidur atau bisa juga karena konsumsi kafein yang banyak. Namun jika detak jantung meningkat tanpa sebab, lebih baik segera hubungi dokter. Karena hal tersebut bisa menjadi disebabkan karena adanya gangguan pada organ jantung.

 

Itulah beberapa gejala penyakit jantung lainnya. Selain kalian jaga kesehatan, kalian juga harus waspada dengan segala gejala yang yang timbul agar kalian dapat menanggulanginya lebih cepat dan tepat.

Sehat selalu ya!