5 Resep Kopi Buat di Rumah Tapi Rasa Cafe

28 October 2020 | Kuliner

5 Resep Kopi Buat di Rumah Tapi Rasa Cafe

5 Resep Kopi Buat di Rumah Tapi Rasa Cafe-Kegiatan ngopi udah jadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang saat ini. Baik itu saat pagi hari atau sore menjelang malam. Ada yang minum kopi saat pagi sebelum menjalani kegiatan, ada juga yang ngopi untuk kegiatan ngumpul bareng temen-temen. Seiring dengan meningkatnya minat orang untuk ngopi, semakin banyak juga kedai kopi/cafe yang menyediakan berbagai varian rasa kopi. Harga yang ditawarkan juga beragam, dari yang belasan rupiah hingga puluhan ribu rupiah. Namun kadang harga gak jadi masalah jika rasa yang diberikan juga sebanding.

 

Ilustrasi Pembuatan Kopi
Sumber: Pexel.com

Tapi, rasanya jika kita ngopi di cafe terus, mayan juga tuh pengeluaran. Nah, ada enaknya nih kalau kalian coba buat di rumah dan bisa hasilin rasa yang sama, dan tentunya pasti bakal lebih hemat. Pada artikel ini kalian bisa coba 5 resep kopi yang dijamin gak ribet dan rasanya gak bakal jauh beda sama yang ada di cafe.

 

5 Resep Kopi Buat di Rumah Tapi Rasa Cafe

 

Dalgona Coffee

Dalgona Coffee
Sumber: Pexels.com

 

Kopi yang satu ini sempat menjadi kopi yang viral di media sosial. Karena selain membuatnya gampang, bahan yang diperlukan juga gak banyak dan pastinya mudah untuk dicari. Berikut resep Dalgona Coffee:

Bahan:
4 Sdm Nescafe Classic
4 Sdm Gula Pasir
4 Sdm Air Panas
Secukupnya Susu UHT
Secukupnya es batu

Cara Pembuatan:

    1. Campurkan kopi, gula dan air hangat kedalam wadah
    2. Kocok bahan tadi hingga mengental dan berubah warna menjadi coklat muda (bisa menggunakan alat kocok manual atau mixer)
    3. Pada gelas siapkan es batu dan tuangkan susu UHT secukupnya
    4. Tuangkan adonan dalgona yang sudah kalian kocok sebelumnya
    5. Dalgona Coffee siap untuk dinikmati

 

Kopi Rempah

Kopi Rempah
Sumber: Pexels.com

 

Buat kalian yang suka kopi tanpa susu dan dengan sensasi rempah yang kaya, kopi ini bakal cocok banget buat kalian. Berikut cara pembuatannya:

Bahan:

3 sdm kopi nescafe classic
4 Ruas jari jahe (Digeprek)
1 Jari kayu manis
13 Buah kapulaga hijau (Digeprek)
1 Batang serai geprek
Gula merah secukupnya
Air secukupnya

Cara Pembuatan:

    1. Rebus air hingga mendidih
    2. Masukan kopi, jahe, kapulaga, kayu manis dan serai. Rebus sekitar 5 menit sampai wangi
    3. Tambahkan gula merah dan aduk hingga larut. Jangann lupa untuk cicipi agar rasanya pas
    4. Siapkan gelas dan saringan
    5. Tuangkan kopi kedalam gelas dengan saringan dibagian atasnya agar rempah rempah tidak ikut masuk ke gelas
    6. Kopi rempah siap untuk di sruput

 

Kopi Susu Ternikmat

Kopi susu Ternikmat
Sumber: Pexels.com

 

Kopi susu sih kalau kita pikir dari namanya ya cuma kopi dan susu. Eits, tapi jangan jadi biasa dong kalau kalian bisa buat yang lebih nikmat dan bisa bersaing sama kopi susu yang biasa kalian minum di cafe kesayangan kalian. Nih cara buatnya:

Bahan:

1 Kotak kecil susu cair rasa coconut delight
2 Sachet kopi nescafe classic
2 Sachet gula merah
4 Sachet creamer
Sedikit air panas
Es batu secukupnya

Cara Pembuatan:

    1. Campur air panas dengan kopi, gula merah dan krimer, lalu aduk hingga rata
    2. Setelah rata, masukan susu cair dan aduk rata
    3. Setelah semua tercampur, masukan es batu secukupnya
    4. Kopi Susu Ternikmat siap buat segerin harimu

Kopi Susu Gula Aren

Kopi Susu Gula Aren
Sumber: Pexels.com

 

Gula aren sempet jadi tren buat beberapa minuman. Rasa manis dari gula aren yang beda dengan gula pada umumnya bisa kasi sensasi berbeda pada kopi kalian. Gula aren rasanya lebih ke manis dan ada rasa gurihnya. Duh, bayangin dah tu enaknya kaya gimana, kalau belum pernah coba, nih cara buatnya:

Bahan:

200ml Susu cair UHT
25 ml Gula aren cair
1 Sachet kopi nescafe classic
Secukupnya es batu

Cara Pembuatan:

    1. Siapkan gelas dan tuangkan gula aren
    2. Tambahkan es batu secukupnya
    3. Kemudian tuangkan susu UHT
    4. Terakhir tuangkan kopi yang sudah di seduh
    5. Kopi Susu Gula Aren siap untuk dinikmati

 

Cold Brew Coffee with Milk

Cold Brew Coffee With Milk
Sumber: Pexels.com

 

Kopi ini namanya aja yang ribet, tapi buatnya sih gampang banget. Kalau gak percaya, coba aja nih ikutin cara buatnya:

Bahan:

2 Sachet kopi nescafe classic
1 Sachet susu kental manis
250ml air hangat untuk menyeduh kopi
Secukupnya es batu

Cara Pembuatan:

    1. Seduh kopi dengan air hangat dan aduk hingga rata
    2. Kemudian letakan kedalam kulkas selama 8-12 jam, pokoknya hingga dingin
    3. Setelah dingin, siapkan gelas dan tuangkan 1/2 atau 1 sachet susu kental manis, ini menurut selera kalian
    4. Masukan es batu secukupnya, kemudian tuangkan kopi dingin tadi
    5. Cold Brew Coffee with Milk siap buat nyegerin aktivitas kalian

 

Itulah tadi beberapa resep yang gampang banget tentunya untuk kalian coba buat di rumah. Kalau bisa buatnya yang banyak, biar bisa berame tuh nikmatin kopinya kaya nongkrong di cafe.

Selamat Ngopi!